Insufficient-Storage-Available

Insufficient Storage Abailable yang Menyebalkan

Posted on

Beberapa hari ini saya sangat kesal saat mencoba untuk menginstall aplikasi baru atau mengupdate aplikasi selalu gagal pada smartphone Android LG L9 dengan muncul pesan Insufficient Storage Available. Setelah membaca banyak artikel diinternet, saya belum juga menemukan artikel yang pas untuk menghilangkan pesan error ini saat mencoba menginstall aplikasi baru.

Nah pada akhirnya saya mencoba flashback apa yang saya lakukan sebelumnya pada smartphone saya.

Root smartphone Android LG L9

Karena internal storage atau penyimpanan internal hape saya sudah penuh, saya mencoba rooting agar beberapa aplikasi bisa dipindahkan ke kartu memori. Proses rooting berjalan lancar dan tidak ada kendala waktu itu, bagi kamu yang ingin tau bagaimana caranya bisa membaca artikel Cara root Android LG L9. Ikuti setiap langkahnya karena saya telah berhasil melakukannya hingga dua kali hingga saat artikel ini saya tulis.

Seingat saya setelah melakukan root, tidak ada hal fatal seperti keluarnya pesan Insufficient Storage Available yang muncul ketika memasang aplikasi baru. Jadi saya rasa root bukan pembawa masalah pesan error ini.

Kesalahan pada settingan aplikasi Link2SD

Setelah melakukan rooting, saya menginstall aplikasi Link2SD untuk dapat memindahkan beberapa aplikasi dari internal ke kartu memori eksternal. Awalnya memang tidak masalah, dan beberapa aplikasi masih bisa saya install dari Play Store Android.

Link2sd
Gambar oleh play.google.com

Nah untuk memudahkan saya saat menginstall aplikasi baru via Play Store dan aplikasi langsung berada di kartu memori eksternal, saya melakukan setting pada Link2SD untuk otomatis melakukannya sendiri.

Nah disinilah penyebab Insufficient Storage Available yang terjadi, ternyata Link2SD bisa membawa pesan error ini sehingga aplikasi tidak bisa diinstall seperti biasa.

Untuk itu segera ubah settingannya di menu Settings > Hapus centangan Auto Link dan Pada Install Location pilih Automatic.

Reboot Smartphone kamu dan coba kembali install aplikasi via play store. Jika masih bermasalah, yuk berbagi dikotak komentar dibawah.


Leave a Reply