Miss world 2014

Sarung bali, pengganti bikini diajang Miss World 2013

Posted on

Event Miss World 2013 resmi dibuka dan digelar di Bali, Indonesia, seperti kata CEO MNC Hary Tanoesoedibjo, Indonesia jarang sekali mendapat kesempatan atau event dengan peserta lebih dari 100 negara, “sebuah momen besar untuk mengenalkan bangsa” tambah Harry Tanoe yang merupakan calon wapres partai Hanura. Acara ini pun sudah direncanakan selama 3 tahun sejak tahun 2010, jelas butuh persiapan yang tidak sebentar dan dana yang tidak sedikit.

Sesuai perkiraan, acara ini tak mendapat dukungan penuh dari berbagai organisasi Islam, mereka melakukan demonstrasi secara besar-besaran untuk menghambat bahkan kalau bisa mengagalkan. Tapi sepertinya MNC lanjut terus dengan taruhan reputasi mereka yang sudah mengklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Miss World lanjut dengan perubahan beberapa acara seperti dalam Miss World biasanya

Banyak yang menolak salah satunya, Majelis Ulama Indonesia, MUI yang mengeluarkan pernyataan untuk menolak penyelenggaraan ajang pemilihan Miss Word di Indonesia. Alasannya karena kontes ini menjadikan wanita sebagai obyek dan hanya dijadikan ajang cari untung saja. Namun MUI tidak bisa berbuat apa-apa jika kontes tetap berlangsung. MNC tak patah arang, MNC melakukan penyesuaian seperti tidak ada sesi bikini, yang sama saja seperti kontes Putri Indonesia atau Miss Indonesia hanya pesertanya internasional.

Sarung Bali 

Berbasis di London, Inggris, Miss World termasuk dalam “Big Four International Beauty Pageants” bersama kompetisi lainnya yakni Miss Universe, Miss International dan Miss Earth. Pada mulanya, ajang ini bermula dari Festival Bikini Contest yang memamerkan rangkaian pakaian renang. Berkat media, acara ini kemudian disebut-sebut sebagai “Miss World” yang akhirnya membuat Eric Morley memutuskan meresmikan nama ini sebagai acara rutin tahunan.

Selama 62 kali penyelenggaraan Miss World, bikini selalu disertakan sebagai sesi penting yang dinilai oleh para juri untuk menentukan pemenang, namun untuk penyelenggaraan Miss World ke-63 perubahan signifikan akhirnya terjadi yaitu sarung Bali. Sarung atau Kain catur Bali ini adalah promosi produk asli Indonesia dan menjadi salah satu keunikan Miss World 2013, bahkan salah satu ciri khas pakaian Bali ini menjadi semacam rule of the game

Sarung bali sering menjadi identitas busana masyrakat Bali, terutama biasa digunakan oleh para petugas keamanan desa adat bali (pecalang). Sarung ini biasanya dengan model kotak-kotak (ala papan catur) juga sering digunakan sebagai kain hiasan interior. Sarung yang merupakan busana Bali ini adalah kain yang sudah di jahit jadi menjadi “Sarung” dan siap dikenakan. Ukuran Sarung Kain catur ini biasanya tingginya 114 cm dengan diameter lingkaran atau lebar 93 cm.

Seperti Camille Munro, misalnya yang dikutip okezone.com. Kontestan asal Kanada tersebut menuturkan bagaimana pentingnya ajang tersebut. Camille Munro juga mengatakan antusiasmenya terhadap penggunaan sarung Bali dalam ajang Miss World 2013. Baginya, penggunaan sarung Bali tersebut menunjukkan kalau ajang ini sangat menghargai kebudayaan yang ada di setiap negara.


Leave a Reply